Other Recent Articles

Belajar Bahasa Inggris Itu Mudah

By mesothelinda on Sabtu, 19 Mei 2012 0 comments

Belajar bahasa inggris itu mudah, jika sarat-saratnya terpenuhi. Seperti:


  • Mental dan kemauan
Apakah anda ingat semboyan SBY? Yaitu, PASTI BISA! Jika anda mundur sebelum berprang, maka anda sudah dipastikan kalah.
  • Guru
Apakah anda bisa belajar bahasa inggris tanpa guru? TIDAK BISA! Anda berbahasa Indonesia pun diajari oleh guru, yaitu Ibu. Lalu dimana saya harus berguru untuk belajar bahasa inggris? bukankah disekolah ada guru bahasa inggris? atau kalo kurang puas dan kalo anda termasuk orang berduit, anda bisa ikut kursus bahasa inggris berbayar. Atau untuk lebih hemat lagi, anda membeli buku belajar bahasa inggris di toko buku lalu menjadikannya sebagai guru privat. Yang paling hemat menurut saya adalah berguru ke mbah google secara gratis dan mencari artikel2 belajar bahasa inggris online seperti di blog ini (tapi nyambung ke internetnya mbayar, hehe). 
  • Bahan materi
Bahan materi untuk belajar bahasa inggris sudah pasti sepaket dengan guru, baik gratis maupun berbayar.
  • Kebiasaan/Praktek
Apakah anda ingat sejak kapan anda bisa berbahasa indonesia? Sejak kecil! Anda diajak berkomunikasi oleh ibu dengan bahasa Indonesia. Anda bermain dengan tetangga, menyampaikan pendapat, berkomunikasi, menyebutkan sesuatu, sampai berbicara sendiripun dengan bahasa indonesia. Sehingga anda dari kecil sudah bisa berbahasa indonesia, sama halnya dengan anak-anak orang inggris. Lalu, bagaimana dengan kondisi sekarang yang sudah dewasa dan ingin belajar bahasa inggris? Gunakanlah setiap saat! Bahasa ada untuk digunakan berkomunikasi, bukan hanya sebagai teori di buku.
  • Lingkungan / komunitas
Untuk bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, perlu didukung oleh lingkungan atau komunitas yang berbahasa inggris pula. disinilah, menurut saya, peran utama kursus-kursus bahasa inggris. karena disitu ada komunitas yang mau saling belajar berbahasa inggris. kalaupun anda tidak mengikuti kursus, anda jangan bersedih dulu, masih ada cara lain. Anda bisa berkomunikasi dengan orang asing via chatting di internet. banyak fasilitas2 gratis yang menyediakannya, seperti facebook, yahoo, msn, dan bahkan ada komunitas belajar bahasa asing online. Kalo ternyata anda gaptek internet, anda bisa membuat komunitas sendiri, seperti keluarga, teman, cobalah berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa inggris, jangan takut salah, lakukan saja. Atau kalo masih minder, cobalah berkomunikasi dengan benda-benda mati atau cermin, dan tentunya jangan sampe diliat orang lain, ntar dikira gila hehe.
  • Dana
Apapun pilihan anda, dana adalah faktor yang dibutuhkan dalam menunjang semua kegiatan anda.

Hal diatas adalah faktor-faktor yang, menurut hemat saya, membuat belajar bahasa inggris itu mudah bagi orang Indonesia atau negara yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari. Jika anda berpendapat lain atau ingin manambahkan faktor lain, silakan beri saya masukan. Makasih.

Category: belajar bahasa inggris , tips

0 komentar:

Posting Komentar